Info Game:

Review Red Faction Armageddon: Kehancuran Total Terlihat Begitu Indah!

Review Red Faction Armageddon: Kehancuran Total Terlihat Begitu Indah!


Anda kembali dipanggil untuk menyelamatkan penduduk Mars dalam Red Faction Armageddon! Sekuel terbaru dari seri game yang mendulang kepopuleran semenjak Red Faction sebelumnya, Guerilla, yang dirilis pada 2009 ini membawa perubahan dalam bentuk permainan. Apakah hal ini sesuai dengan selera Anda atau tidak, semua bisa Anda tentukan sendiri setelah membaca review ini. Namun, satu hal yang pasti, Red Faction Armageddon tetap memboyong ciri khas utamanya, yaitu kehancuran total di lingkungan permainan! Bila Anda adalah penggemar seri game ini, cerita perjuangan penduduk koloni Planet Mars melawan opresi pasukan bumi tentu sudah tidak asing lagi. Red Faction memang selalu membawa latar belakang perjuangan kemerdekaan melawan kependudukan Earth Defense Force (EDF). Hal ini sangat terasa kental bila Anda memainkan Guerilla. Sayangnya, Armageddon tidak membawa cerita yang sama dengan pendahulunya. Anda akan bertemu dengan musuh baru yang mengancam kehancuran Mars secara total! Apakah musuh yang akan Anda hadapi nanti?

Pertempuran mempertahankan Mars menjadi lebih seru dalam Armageddon.
Sebelum membahas lebih jauh tentang musuh baru yang akan Anda temui, sebaiknya Anda lebih mengenal bentuk permainan dari Armageddon terlebih dahulu. Ternyata, perbedaan Guerilla dengan Armageddon tidak hanya terletak di ceritanya saja. Anda juga akan menemukan bentuk permainan yang berbeda. Bila di Guerilla Anda menemukan permainan action open world yang memberi Anda kebebasan untuk menjelajah dunianya, Armageddon tidak seperti itu. Anda akan mengikuti jalur cerita yang telah ditentukan dan tidak banyak kebebasan di dalamnya. Permainan telah diatur point-to-point dan perjalanan Anda disimpan melalui checkpoint.



Lingkungan yang dapat dihancurkan membuat game ini sangat menyenangkan!
Apakah perubahan ini menjadi nilai negatif game ini? Mungkin demikian bila Anda menyukai konsep yang diberikan di Guerilla. Namun, perjalanan yang telah diarahkan seperti ini tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Setiap pertempuran menjadi lebih dramatis karena telah diatur cerita. Selain itu, Anda juga tidak banyak menghabiskan waktu di luar pertempuran. Sangat cocok untuk pemain yang ingin secepat mungkin masuk ke aksi dan tidak terlalu mementingkan alur cerita penjelajahan yang lambat.


Apalagi bila ditambah dengan beragam senjata yang berkekuatan dahsyat!
Ciri khas utama dari seri game Red Faction juga sangat kentara ditemukan di sini. Apakah itu? Bila Anda pernah memainkan seri sebelumnya, Guerilla, pasti ada satu aspek yang berkesan sangat dalam ketika bermain. Ya, lingkungan yang dapat dihancurkan! Hampir semua benda yang Anda temukan dapat dihancurkan! Apalagi bila Anda menghancurkan bangunan berukuran besar. Efek kehancurannya begitu spektakuler! Namun, kehancuran di sini bukan hanya efek kosmetik belaka. Anda dapat menggunakannya untuk mengalahkan musuh. Contohnya, musuh yang berada di dalam bangunan akan celaka bila gedung tempat mereka berlindung runtuh. Setiap struktur memiliki titik konstruksi yang menjadi tiang utamanya. Bila Anda berhasil menghancurkannya, bangunan itu tidak akan kuat menahan bebannya sendiri. Keren sekali!

Anda juga bisa menggunakan robot untuk memperbesar kehancuran.
Alat untuk menuai kehancuran tersebut juga semakin bervariasi. Di Guerilla misalnya, Anda mulanya hanya diberi palu yang bisa menjebol dinding dan merobohkan bangunan dari dekat. Setelah itu, mungkin Anda bisa menggunakan persenjataan berat supaya lebih efisien, seperti rocket launcher. Sekarang, Anda akan diberikan sebuah senjata yang sangat menarik, yaitu Magnet Gun. Mengapa senjata ini begitu spesial? Gunanya memang sangat sederhana. Anda menembak satu peluru ke permukaan bangunan (atau musuh) yang bisa dihancurkan. Kemudian, tembakkan peluru satu lagi ke permukaan lain. Hasilnya, permukaan yang ditempel peluru pertama akan tertarik ke arah peluru kedua!

Tentunya Anda juga bisa menggunakan robot yang lebih besar lagi!

Anda masih tidak bisa melihat kehebatan senjata ini? Baiklah, coba bayangkan bagaimana bila peluru pertama ditembakkan ke musuh pertama dan peluru kedua ditembakkan ke musuh kedu?. Kedua musuh tersebut akan saling tertarik dan semakin jauh jaraknya akan semakin memperbesar daya tabraknya. Begitu juga dengan mengarahkan serpihan bangunan ke arah kelompok musuh yang berdekatan. Bila Anda lihai menggunakannya dalam pertempuran, bukan tidak mungkin Anda tidak perlu membuang peluru sama sekali untuk melawan musuh! Magnet Gun tidak membutuhkan peluru sama sekali dan jarak tembaknya cukup jauh.

Perbaiki bangunan dan hancurkan lagi!
Senjata yang akan Anda temukan juga bervariasi bentuknya. Mulai dari senjata kecil seperti senapan mesin standar hingga Plasma Rifle yang bisa melumerkan semua benda. Tingkat kehancuran senjata dengan basis peledak juga sangat menakjubkan. Apalagi bila senjata tersebut memiliki daya ledak yang luar biasa, seperti sebuah senjata yang pelurunya membuat pusaran magnet yang menarik semua benda di sekitarnya dan meledakkannya. Bila dipastikan semua benda yang ada di sekitarnya akan lebur menjadi puing. Hanya saja perhatikan arah tembakan Anda. Tidak lucu bila Anda menghancurkan jembatan yang sedang Anda injak hanya karena Anda senang melihat kehancuran dari dekat ‘kan?

Beli skill untuk memperkuat karakter yang Anda gunakan!
Feature baru dalam game ini untuk mengantisipasi daya hancur yang dahsyat dari senjata adalah Nano Repair. Anda dapat memperbaiki dengan instan semua benda yang telah hancur  menjadi seperti semula. Jadi, jangan khawatir untuk menghancurkan karena semua dapat Anda perbaiki kembali! Bahkan, di pertengahan permainan Anda dapat menembakkan Nano Repair tersebut untuk memperbaiki dari jauh. Sangat berguna untuk memperbaiki bangunan yang menjadi amunisi Anda ketika menggunakan Magnet Gun! Cukup sembunyi dan lemparkan bangunan ke musuh. Kemudian, kembalikan bangunan tersebut seperti semula dan kembali ulangi serangan yang sama!

Musuh berukuran sepadan sudah biasa. Musuh berukuran besar? Luar biasa!
Karakter yang Anda mainkan, Darius Mason, juga akan berkembang kemampuannya seiring jalannya permainan. Untuk memperkuat kemampuan tempur Mason, Anda harus mengumpulkan poin Salvage terlebih dahulu. Poin tersebut hampir sama peranannya dengan uang. Setelah terkumpul cukup banyak (biasanya 1000 poin), Anda bisa membeli skill baru. Skill tersebut juga terbagi menjadi dua bagian, yaitu skill pasif dan aktif. Skill pasif langsung berfungsi setelah Anda beli dan tidak perlu menekan tombol apa pun untuk mendapatkan keuntungannya. Contoh dari skill jenis ini adalah memperkuat ketahanan tubuh dari serangan, memperkuat serangan senjata, dan mempercepat waktu reload senjata, sedangkan skill aktif membutuhkan aktivasi di lapangan. Contohnya adalah membuat perisai dan menembakkan force ke arah depan untuk menghancurkan semua yang dilewatinya.

Game action tanpa wanita yang cantik tentu tidak lengkap rasanya.
Semua senjata dan skill yang dahsyat tersebut tentunya tidak berguna tanpa tantangan musuh yang sepadan. Selain menghadapi musuh dari pihak manusia, Anda juga akan menghadapi musuh berbentuk monster. Bentuk kehidupan yang mengancam Mars ini memiliki beragam bentuk dan kekuatan. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang harus dihancurkan dengan menggunakan persenjataan berat. Sebagai tambahan, Anda juga dapat bertempur menggunakan robot besar dengan persenjataan yang mengerikan. Hanya kehancuran yang ditinggalkan robot tersebut!
Game ini memang tidak memberikan ekstra dalam permainan berupa rahasia yang dapat Anda temukan. Namun, Anda akan mendapatkan feature berupa New Game Plus setelah berhasil menamatkan permainan. New Game Plus memberian Anda akses semua senjata yang telah dimiliki, skill, dan uang dari data save terakhir. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa senjata unik yang sangat menarik dan akses Cheats. Feature Cheats ini tidak begitu saja memberikan Anda bantuannya untuk mempermudah permainan. Anda harus membeli dengan uang dalam jumlah yang besar untuk mendapatkan amunisi tak terbatas, senjata dahsyat baru, dan perubahan gaya tampilan permainan.

Pasti Anda setuju 'kan?
Tambahan lain yang sangat menarik adalah dua mode permainan lain, yaitu Ruin Mode dan Infestation mode. Di Ruin Mode, Anda akan ditantang untuk membuat kehancuran sebesar-besarnya dan semua itu akan dihitung ke dalam poin. Pemain yang berhasil mendapatkan poin terbesar akan masuk namanya dalam rekor. Sedangkan Infestation Mode meminta Anda untuk bertahan selama mungkin melawan serangan monster yang tiada habis! Menariknya, Anda dapat memainkan mode ini bersama tiga orang teman Anda!
Banyak hal menarik yang dapat Anda temukan dalam game ini, mulai dari kehancuran total, senjata dahsyat, hingga robot yang keren. Bila Anda tidak keberatan dengan beberapa perubahan dalam bentuk permainan dibanding game sebelumnya, Armageddon akan memberikan banyak kepuasan untuk Anda!

Kesimpulan

Manipulasi lingkungan untuk keuntungan Anda! Efek kehancuran yang dapat memengaruhi musuh menjadikan setiap pertempuran lebih seru! Belum lagi ditambah dengan persenjataan yang dahsyat dan perkembangan karakter melalui skill. Semua itu membuat Red Faction Armageddon menjadi third person shooter yang tidak boleh Anda lewatkan!

Kelebihan:

Kemampuan untuk menghancurkan lingkungan dan jajaran senjata yang mendukung kehancuran tersebut membuat game ini menjadi sangat menarik.

Kekurangan:

Musuh yang kurang pintar dan selalu berusaha untuk berlari ke arah Anda.

Cocok untuk:

Bila Anda tidak keberatan dengan perubahan bentuk permainan dari Guerilla, Armageddon adalah shooter yang seru.

Tidak cocok untuk:

Anda yang pernah memainkan Guerilla dan merasa bentuk permainan open world adalah yang terbaik untuk Red Faction.

Spesifikasi Komputer:

Windows XP SP3, Vista SP2, dan Windows 7
CPU: 2 GHz Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon X2
RAM: 2 GB
Video: NVIDIA GeForce 8800 series / ATI Radeon HD3000 series
HDD: 7.5 GB
DirectX 9.0c dan DirectX 11

Info:

Publisher: THQ
Developer: Volition Inc.
Genre: Third Person Shooter
Rating: Dewasa (Mature)

Sumber : Jagat Review
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ANAQIN GAME'S - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger